Breaking News

Oknum Wartawan Diduga Melanggar Kode Etik Kewartawanan Saat Menaikkan Berita Sorotan Terkait SIM Link Barombong

MAKASSAR,--SIDIKKASUS.COM|  Sulsel 11 November 2023. Pembuatan SIM Keliling di wilayah Kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar, menuai sorotan dari kalangan masyarakat pengurus perpanjangan SIM C

Hal demikian di kemukakan sumber dimana nama sumber tersebut tidak diketahui asal usulnya memaparkan di hadapan salah satu awak media, “Saya mau urus SIM ku pak, tapi harganya cukup.mahal karna saya di kasi harga Rp. 400 ribu oleh salah satu oknum calo yang berada di lokasi tempat pembuatan SIM, padahal tak segitu yang harus saya bayarkan pak, ucap sumber,

Saya sangat sayangkan ucapnya lagi, “Dengan adanya harga pembuatan perpanjangan SIM kemahalan, kenapa saya katakan demikian karna harganya tak segitu bukan kali pertama saya lakukan perpanjangan SIM, dan setahu saya untuk perpanjang SIM itu hanya 75 ribu, dan jika SIM sudah mati harganya 150 ribu”.Tutur sumber.

Menanggapi hal demikian, dari hasil penelusuran tim media nampak terlihat beberapa pengurus (Calo) yang berada di lokasi pembuatan SIM keliling di jalan Pajukukkang Kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate Kota Makassar,

Saya kebetulan melintas terus melihat mobil pembuatan SIM, makanya saya mampir pak,"Ucap Sumber Mr x  dan ingin langsung naik mengurus SIM, namun sebelum saya naik ke mobil tersebut saya di cekal salah satu Calo SIM, dan mengarahkan saya ke Calo satunya untuk bicara mengenai pengurusan SIM, dan saya kanget ketika mendengar harga pembuatan SIM begitu mahal harganya pak, pungkasnya,"Ujar Sumber Mr x .

Sementara itu Guritno, yang diketahui bagian  Satlantas Polrestabes Makassar ingin di konfirmasi harga pembuatan SIM di Mobil SIM keliling, enggan berkomentar saat di temui di atas mobil Keliling pembuatan SIM

Tim mediapun berharap agar persoalan ini tidak bisa di biarkan karna pihak jajaran kepolisian yang berada di.lokasi pembuatan SIM mobil keliling tersebut membiarkan aksi para calo yang berada di lokasi, kami.pula berharap pihak jajaran Dirlantas Polda sulsel akan segera menindaki persoalan tersebut.

Klarifikasi :

Dengan tayangnya informasi berita di hari ini Sabtu (11/11/2021) disalah satu Media online, yang diduga pelaku pembuat berita berinisial RA' membuat salah satu Awak media Online yang kebetulan hadir di lokasi sebagai Kontrol sosial, keberatan sebab dirinya dituding sebagai Calo, pengurusan SIM Link. 

Selain itupula Oknum Wartawan tersebut terkesan tak mempunyai Etika, saat menerbitkan berita online di media,Seharusnya oknum media tersebut setelah menemukan peristiwa atau kejadian yang diduga ada pelanggaran, utamakan untuk melakukan konfirmasi, agar isi berita ini berimbang dan tidak menjadi sebuah berita Opini. 

Adapun dugaan oknum tersebut selalu meminta pertolongan saat hendak melakukan pengurusan SIM di Anggota pembuat SIM, namun entah apa dalam Pikirannya Oknum wartawan tersebut menyerang salah satu SIM Link dengan tudingan  pengurusan SIM sangat mahal.

Semoga kedepannya Oknum wartawan ini memahami kode etik kejurnalisan saat melakukan penayangan berita dengan mengedepankan konfirmasi dahulu.


Sumber Tim/Red.
© Copyright 2022 - sidikkasus.com